Social engineering apakah masih ampuh

Apakah social engineering itu? Tidak perlu dijelaskan disini. Silahkan googling saja. Masih ampuh atau tidaknya teknik social engineering di era sekarang, juga tidak akan ditemukan dalam tulisan ini. Karena tulisan ini tetap sebuah opini dalam personal weblog berisi opini tanpa bermaksud membangun sebuah opini.
Entah karena paranoid, atau entah karena terlalu lama tidak mengikuti perkembangan, atau entah karena gatel untuk sekedar beropini, atau entah karena ingin bangun dari hiatus…saya sendiri bingung mencari jawabannya.
Tetapi kalau ingin didiskusikan, silahkan…tetap dalam sebuah opini saja untuk yang saya rasakan agak janggal berikut ini :
1. Apakah sebuah jajak pendapat tentang apel akan terasa adil jika daftar apel yang ada adalah apel-apel berkualitas saja?
2. Apakah anda merasa senang ketika diwajibkan untuk mengisi identitas sesuai ktp dalam formulir? Padahal ketika itu, anda hanya singgah sebentar dan membeli apel serta cuma mau menyampaikan bahwa apel pilihan anda adalah apel yang paling enak menurut anda dan anda tidak berharap lebih dari sekedar keinginan dan opini anda tersebut tersampaikan.
3. Apakah anda tidak merasa was-was? Ketika mengisikan identitas kedalam formulir tersebut, ada seorang pramusaji toko apel yang terus mendampingi anda serta memelototi, mengoreksi dan mengarahkan anda agar anda menuliskan alamat, nomer ktp, nomer telpon anda secara benar dihadapan sang pramusaji.
4. Terakhir…setelah anda selesai mengisi formulir dan menyerahkannya pada sang pramusaji, tidak ada kata-kata jaminan kerahasiaan alamat anda terucap oleh si pramusaji toko penjual apel setelah ia selesai melakukan verifikasi data anda.

Intinya…saya cuma ingin beropini bahwa :
1. Anda pasti orang kaya. Karena hanya orang kaya yang mampu membeli apel-apel berkualitas. Karena saya memberi tanda kutip bahwa apel berkualitas adalah mahal harganya.
2. Jika saya sudah mengetahui bahwa anda adalah orang kaya dan saya juga sudah mengetahui alamat anda, nomer telpon anda. Apa saja kemungkinan yang bisa saya lakukan?

Selamat beropini.

Social engineering apakah masih ampuh

Published on : May 03, 2013. Last modified at : May 03, 2013.


Click to share on twitter , digg it, or save this article to del.icio.us.

article Navigation

Related to “Social engineering apakah masih ampuh”.

Leave an Opinion

Important : LOW isn't intended to on topic opinions, just be polite. You may use strict markup only. Opinions failing these requirement will be edited. Spam opinion won't get published.
Please, enter your real name and your valid email address (in required field). Don't worry, i'll kept your email private.










Random Learning