Teladan Dewi Gangga

Dewi Gangga adalah obyek penderita, ketika pakaian yang dikenakannya harus tersingkap karena terpaan angin pada sebuah acara agung di suralaya. Bukan kesalahan Dewi Gangga pula, ketika Prabu Mahabisa, seorang tamu undangan dari arcapada, yang dianggap layak mengikuti acara dimaksud, justru menatap lekat paras cantik sang absari, sementara hadirin yang lain menundukkan kepala.

Istri Bhatara Sangkara ini, akhirnya harus turun dan menjalani kehidupan sebagai titah biasa di arcapada sebagai hukuman. Dalam perjalanan, sang dewi bertemu dengan delapan Wasu yang mempunyai tujuan sama ke arcapada. Delapan wasu tersebut adalah Wasu Druna, Wasu Soma, Wasu Apah, Wasu Anila, Wasu Nala, Wasu Saprahjangga, Wasu Dhara dan Wasu Wuragil.

Berbeda dengan Dewi Gangga, delapan wasu tersebut mendapat hukuman karena telah melanggar dengan sengaja sebuah larangan tentang tata cara pembelajaran keilmuan yang diberlakukan sang guru, Maharsi Wasisa.

Kelak dikemudian hari, delapan wasu dimaksud akan diterima kembali di suralaya setelah menggenapi hukuman dengan cara menjadi putera-putera Dewi Gangga. Mereka akan dikandung, dilahirkan dan dilarung ke sungai.

Teladan yang dapat diambil dari sekelumit kisah Mahabharata ini adalah, Dewi Gangga yang dicitrakan sebagai kaum hawa, kaum yang dapat dikonotasikan sebagai dan/atau mewakili kaum lemah, yang dihukum karena sesuatu yang diluar kehedaknya, justru menjadi penolong delapan wasu teman seperjalanannya.

Penting : Mohon maaf jika terdapat perbedaan penulisan nama dan versi/persepsi cerita dengan yang tertulis pada kitab suci saudara saudara saya penganut agama Hindu. Pembelajaran ini adalah yang bisa saya tangkap (dengan segala keterbatasan saya) dari sebuah pagelaran wayang kulit.

Teladan Dewi Gangga

Published on : Jan 08, 2011.


Click to share on twitter , digg it, or save this article to del.icio.us.

article Navigation

Related to “Teladan Dewi Gangga”.

Leave an Opinion

Important : LOW isn't intended to on topic opinions, just be polite. You may use strict markup only. Opinions failing these requirement will be edited. Spam opinion won't get published.
Please, enter your real name and your valid email address (in required field). Don't worry, i'll kept your email private.










Random Learning