Profile pada Thunderbird dan pencadangannya

Mozilla messaging menggunakan istilah profile sebagai tempat penyimpanan informasi dan/atau pengaturan akun serta setelan lainnya yang dilakukan pada email client Thunderbird. Profile pada Thunderbird hirarkinya diletakkan terpisah dari berkas utama program Thunderbird. Menggunakan analogi direktori htdocs pada Apache server, profile pada Thunderbird juga dapat diatur tata-letaknya secara leluasa oleh pengguna. Hal ini tentu bermanfaat pada sisi pencadangan berkas, jika suatu saat terjadi kegagalan sistem operasi komputasi terpasang.

Sekilas tentang Profile

Umumnya, setelah proses pemasangan (secara standar) aplikasi Thunderbird pada komputer, maka Thunderbird akan membuat sebuah profile secara otomatis. Profile dimaksud dibuat dan diletakkan sebagai sub-folder Profiles serta diberinama (contoh) stuvwxyz.default, dimana stuvwxyz adalah 8(delapan) digit random karakter dan default adalah nama profile.

Di dalam sistem operasi keluarga Windows, profile diletakkan pada hirarki %AppData%\Thunderbird\Profiles\, sementara berkas-berkas utama Thunderbird diletakkan dalam %ProgramFiles%\Mozilla Thunderbird\.

Pencadangan dan memindahkan profile

Menggunakan kembali analogi htdocs dalam lingkungan Apache server, sebagai tempat penyimpanan halaman-halaman web. Profile pada Thunderbird dapat di cadangkan pada sembarang media penyimpanan data komputasi atau di ubah letak/lokasi/tempatnya sekehendak pengguna pada sembarang media yang writable.

Penting : Pencadangan dan/atau pemindahan profile harus dilakukan ketika Thunderbird dalam posisi tidak aktif.

Pencadangan profile

Untuk mencadangkan profile, cukup salin berkas folder dengan nama profile yang dikehendaki (e.g. stuvwxyz.default) berikut berkas-berkas didalamnya dan tempelkan pada media simpan termaktub.

Pemindahan profile

Untuk memindahkan letak profile (misalnya ke partisi yang lain);

  1. Pindahkan profile (e.g. stuvwxyz.default) ke direktori pada partisi yang dikehendaki (e.g. D:\Thunderbird\MyProfiles\)
  2. Buka berkas profile.ini pada %AppData%\Thunderbird
  3. Sunting berkas profile.ini dengan mengganti lokasi simpan profile yang baru pada baris kode Path=... (e.g. Path=D:\Thunderbird\MyProfiles\stuvwxyz.default)
  4. Karena menggunakan path lokasi baru secara utuh (non-relative path), maka sunting baris kode IsRelative=1 menjadi IsRelative=0
  5. Simpan perubahan

FYI : Ujicoba, trial-error pengoptimalan diatas menggunakan Mozilla Thunderbird versi 5.0 yang di pasang pada sistem operasi Windows XP. Bagi pengguna sistem operasi yang lain, lebih lanjut dapat dibaca pada profiles dalam halaman support dari Mozilla Messaging.

Profile pada Thunderbird dan pencadangannya

Published on : Sep 12, 2011. Last modified at : Sep 11, 2011.


Click to share on twitter , digg it, or save this article to del.icio.us.

article Navigation

Related to “Profile pada Thunderbird dan pencadangannya”.

Leave an Opinion

Important : LOW isn't intended to on topic opinions, just be polite. You may use strict markup only. Opinions failing these requirement will be edited. Spam opinion won't get published.
Please, enter your real name and your valid email address (in required field). Don't worry, i'll kept your email private.










Random Learning