Variabel pada JavaScript

Terakhir kali, saat tergiur kembali dengan JavaScript. Menentukan sebuah variabel dengan tepat, hemat, efisien dan efektik adalah sesuatu yang sering terlupakan. Tulisan ini hanya untuk mengingatkan diri sendiri saja, jika;

Tapi, entahlah… karena pada kenyataanya saya juga masih enggan meninggalkan jinjingan dengan atom N270 ini. :p

Menetukan Variabel

Menggunakan var di luar fungsi adalah opsional. Menetapkan sebuah variabel dengan sintak var di dalam sebuah fungsi diperlukan jika;

Cakupan variabel

Variabel-variabel dalam JavaScript umumnya memiliki cakupan global. Namun, variabel-variabel tersebut akan menjadi memiliki ruang lingkup lokal jika ditentukan dalam fungsi-fungsi.

Jadi, jika akan mendefinisikan sebuah variabel lokal dalam sebuah fungsi dan variabel global dengan nama yang sama yang sudah ada, maka variabel global tersebut akan diabaikan dalam fungsi dimaksud. Tanpa mempedulikan letak nama untuk variabel lokal tersebut di definisikan.

Variabel pada JavaScript

Published on : Dec 30, 2010.


Click to share on twitter , digg it, or save this article to del.icio.us.

article Navigation

Related to “Variabel pada JavaScript”.

5 Opinion for “Variabel pada JavaScript”.

memang sisi client selain HTML javascript juga bisa membuat peranan seperti HTML5 canvas yang agak sedikit perlu mengetahu sumbu koordinat x, y dengan membuat nama dan memanggil ID di dalam html.
Context saja sampai sekarang pun belum mendukung “3d” tapi ga masalah “2d” sudah cukup baik.

Saya masih belajar yang type="text/javascript" mas Hendro. Belum sampai yang embed-embed di html5 seperti canvas, yang sepertinya menggunakan type="application/javascript". Jika kearah game, library dari easeljs.com mungkin memang bisa membantu.

Gunakan this.namavariabel dalam fungsi untuk mengakses variabel global jika terdapat satu variabel lokal dengan nama yang sama dengan variabel global tersebut. :D CMIIW

Mas Ganda…
Terima kasih tip/trick tambahannya. Tetapi…Ada tidak, metode lain yang mirip dengan penggunaan variabel yang menggunakan kata kunci register pada bahasa yang lebih rendah ? sehingga variabel tidak menumpuk (di memori? dan) memberatkan CPU.

Pak De Harry,
Wah. Javascript tidak bisa melakukan itu pak. Karena bahasa Javascript adalah bahasa tingkat tinggi. Mungkin web browser yang melakukan pengaturan memory tersebut oleh Javascript enginenya.

Leave an Opinion

Important : LOW isn't intended to on topic opinions, just be polite. You may use strict markup only. Opinions failing these requirement will be edited. Spam opinion won't get published.
Please, enter your real name and your valid email address (in required field). Don't worry, i'll kept your email private.










Random Learning