Thunderbird Email Message Filters

Email client Thunderbird mempunyai sebuah fitur penyaringan atau filter untuk pesan pesan (baca:messages) pada akun email yang sudah dibuat. Jika diasumsikan, seseorang hanya membuat satu akun email pada Thunderbird dan digunakan untuk semua kegiatan di dunia maya, maka tidak mustahil jika yang bersangkutan akan menerima 20 message dalam satu hari.

20 pesan tersebut berasal dari aktifitas aktifitas sebagai berikut, antara lain misalnya ;

  1. Berlangganan newsletter situs berita kesayangan
  2. Berlangganan newsletter blog beken tentang optimalisasi performa web
  3. Tempat penampungan notifikasi facebook
  4. Sarana berdiskusi dengan member lain dalam sebuah News Group Standarisasi desain sebuah tema
  5. Berkomunikasi dengan keluarga
  6. Berinteraksi dengan kolega
  7. Behubungan dengan pelanggan tema WordPress

Maka, dalam kurun waktu satu minggu kemungkinan besar sudah terdapat 100 message berderet pada inbox. Apabila si pemilik akun tersebut tidak mempunyai waktu yang cukup untuk segera membaca dan atau membalas pesan-pesan tersebut. Apa yang terjadi ? tentu saja kebingungan, atau bahkan muncul kemalasan karena tidak tahu message mana yang harus di prioritaskan untuk dibaca atau pesan mana yang harus segera dibalas.

Dari contoh ilustrasi diatas, beberapa yang bijak membuat beberapa alamat email dan melakukan pengaturan email address untuk masing masing aktifitas atau kepentingan. Keuntungan dan kerugian memiliki banyak email address pada webmail-webmail besar dan gratis seperti Google Mail atau Yahoo!Mail bukan fokus tulisan ini.

Misalnya pada email client Thunderbird sudah dibuat sebuah akun bernama GMail – Aktifitasku untuk email aktifitas-internet@gmail.com. Berikut adalah cara membuat folder penampungan message, membuat nama filter dan melakukan eksekusi penyaringan pesan pada Thunderbird dengan filter rules

Membuat Folder penampungan message

Pada menubar aplikasi Thunderbird, pilih File, lalu New, dan pilih Folder
Pada Tampilan New Folder ;

  1. Isi Name dengan nama aktifitas. contoh : untuk aktifitas berlangganan newsletter blog beken tentang optimasi dan performa web di isi dengan “optimasi performance webblog”.
  2. Pada dropdownlist, pilih nama akun “GMail – Aktifitasku” supaya struktur hirarki lebih mudah diakses.
  3. Klik tombol OK
  4. Ulangi langkah satu, dua, tiga sehingga terdapat 7 folder untuk 7 contoh aktifitas diatas.

Misalnya, 7 folder tersebut adalah Berita terbaru, Optimalisasi performa web blog, Notifikasi facebook, Standarisasi desain groups, Keluarga, Kolega, dan Pelanggan tema WordPress.

Membuat Nama Filter

Pada menubar aplikasi Thunderbird pilih Tools, kemudian pilih Message Filters

Run The Message Filters

Pada baris paling bawah tampilan message filter terdapat satu buah dropdown list lagi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Karena pada tulisan ini, filter hanya akan di gunakan untuk memisahkan pesan-pesan yang berdesakan pada inbox message, maka :

  1. Pada dropdown list, sebaiknya pilih inbox.
  2. Untuk memilih filter yang tidak akan dijalankan, hilangkan thick (baca:centang,contreng) pada kolom enable disebelah kanan nama filter.
  3. Kemudian klik tombol Run Now.
  4. Selesai, tutup tampilan Message filter.

Materi message filter ini berjalan dengan baik saat dilakukan pada Thunderbird versi 3.0.X. Cara melakukan filter pesan pada Thunderbird dengan versi yang lebih rendah harap disesuaikan sendiri.

Thunderbird Email Message Filters

Published on : Apr 16, 2010. Last modified at : Sep 25, 2010.


Click to share on twitter , digg it, or save this article to del.icio.us.

article Navigation

Related to “Thunderbird Email Message Filters”.

Leave an Opinion

Important : LOW isn't intended to on topic opinions, just be polite. You may use strict markup only. Opinions failing these requirement will be edited. Spam opinion won't get published.
Please, enter your real name and your valid email address (in required field). Don't worry, i'll kept your email private.










Random Learning