Emansipasiku, Semangatku

Hari ini, 21 April 2010, Indonesia memperingati Hari Kartini. Salah satu hari bersejarah nasional Indonesia yang diambil dari hari lahir tokoh emansipasi wanita bernama Raden Ajeng Kartini. Tulisan ini tidak bermaksud menghubung-hubungkan kata emansipasi yang identik dan lekat dengan wanita dengan semangat yang ada dalam blog ini di dalam dunia WWW.

Apa yang mereka punya ?

Dunia menyaksikan kesibukan mereka, semangat mereka dan kemerdekaan mereka. Kaum ibuku berdandan, berkebaya, bersanggul dan sebagian mengenakan baju daerah. Lihatlah ke sekeliling, lihatlah arak-arakan mereka, lihat mereka di kantor-kantor pemerintahan, di lembaga-lembaga pendidikan dasar dan sebagainya.

Apa yang kita punya ?

Bloggers, tepatnya WordPress Lovers. Ini tetap sebuah opini, sama seperti opini terdahulu tentang pentingnya validasi W3C pada sebuah halaman. Tetapi karena WordPress Organization telah menuliskan sebuah seruan, "Validate! Validate! Validate!" maka tulisan ini bukan lagi menjadi sekedar sebuah opini.

Meskipun seruan tersebut lebih dikhususkan untuk kalangan pengembang, atau pembuat design sebuah tema atau themes sebelum mempublikasikannya secara umum. Tetapi sudah sepantasnya jika hal tersebut juga dijadikan dasar bagi pembuat tema wordpress untuk konsumsi sendiri.

Kembali berkaca pada semangat emansipasi mereka, Ibu kita Kartini telah membuka jendela dunia untuk mereka. Sama seperti W3C Organization merintis semua bentuk aktifitas pertukaran data di dunia baru bernama Internet.

Jika semangat mereka diwujudkan dengan berkebaya, bersanggul atau berpakaian daerah. Maka bentuk emansipasi didunia WWW, seharusnya bisa diwujudkan dengan melakukan kegiatan validasi halaman web sesuai dengan standarisasinya, baik Validasi markah HTML, Validasi CSS style sheet data, Validasi Feed dan yang lainnya.

Bagaimana semangat emansipasi dan pendapat anda ?

Emansipasiku, Semangatku

Published on : Apr 21, 2010. Last modified at : Apr 21, 2010.


Click to share on twitter , digg it, or save this article to del.icio.us.

article Navigation

Related to “Emansipasiku, Semangatku”.

12 Opinion for “Emansipasiku, Semangatku”.

wahahaha emansipasi di dunia WWW, saya suka kalimat itu. Saya sendiri selalu berusaha untuk membuat situs yang valid sesuai standar. Mari budayakan validasi halaman web :D

Iya nich mas oglek, kalimatnya lucu dan sangat saya paksakan.
Maaf ya, maklumi saja karena saya masih belajar menulis. :)

Gerakan no mouse itu lebih mengena rasa empatinya. Validasi lebih ke idealisme saat ini. Karena toh kemampuan pasti sudah pada mumpuni. Masalah mau atau ngga. Butuh atau ngga. Yang logis ya…pilih uangnya aja. :)

Rayimas, yang ini bukan bermaksud idealis lagi. No Mouse on the Web in Monday tetap jadi yang utama.

Tulisan ini hanya sebagai pengganti posting yang akan hilang tersebut. Spread the real validator, W3C Validation tool saja. :(

Apakah aku harus ikut-ikutan berpuisi seperti Rayimas ? tidak khan ? :(
[mode-on: peace]

Salam Mas Harry,
Jujur mas, kedengaranya sederhana yakni hanya validasi, tetapi saya merasakannya tidak semudah itu. Karena ada komentar dari narablog lain yang tidak mengikuti kaedah sehingga membuat laman menjadi tidak valid.

Selama bukan dokumen teknis, dokumen sains, (yang tidak memerlukan thread diskusi didalamnya) sepertinya masih bisa ditolerir khan Om ?. Rayimas Dani juga menerapkan kelonggaran tersebut dalam aturan preview-nya. W3 juga memberikan opsi untuk laporan warning pada jigsaw. :)

Wah, emansipasi saya? Saya akan terus menulis di blog saya. :)
*OOT*
Validasi2 itu tampaknya belum bisa saya lakukan dalam waktu dekat ini… :(

Jangan Asop,…
Buang-buang waktu. Yang penting terus nulis saja.

Sebelumnya OOT dulu deh pakdhe..

Saya pengen blogwalking senyap neh, biar ga dikata nyepam :lol:

BTW apa tidak terlalu berlebihan menghubungkan kartini dengan validasi? Secara apa ya.. hmm saya sendiri belum ngerti betul hubungannya apa.

Ya gitu deh… (maksa ngasih komen, padahal belum paham bener apa yg dibaca)

Salam kenal aja pakdhe :)

Satu lagi, penjumlahan anti spamnya jangan susah2 donk.. :(

Jadi keinget lagi masalah validasi ini. Lagi kena simalakama, kalo satu div diilangin halaman depan ga valid, single page valid. Eh giliran div bermasalah dihapus, jadi kebalikannya.. validasi ooh validasi

Salam kenal juga Mas Adi,…

Maaf,… jadi malu dengan frase itu :( :lol: juga.
Hubungan Kartini dengan Validasi ? Koq Mas Adi pakai ikut landing disini dan mikirin yang nggak perlu dibahas lagi ? ngapain ?

Antispamnya susah ? Padahal rencananya randomnya mau dinaikin jadi 4 digit :D

Donny,…

Asal jangan sebel saja dengan 5 karakter tersebut. <div> tidak nongol begitu saja dari batang pisang khan ?

Leave an Opinion

Important : LOW isn't intended to on topic opinions, just be polite. You may use strict markup only. Opinions failing these requirement will be edited. Spam opinion won't get published.
Please, enter your real name and your valid email address (in required field). Don't worry, i'll kept your email private.










Random Learning