NoMOWiM Spirit

Anda ingin mencibir design banner NoMOWiM, 'No Mouse on the Web in Monday' ? Silahkan. Atau anda mau mempertanyakan keshahihan semangat pribadi dalam artikel ini ? Saya persilahkan setelah menyelesaikan membaca wacana pada posting blog kali ini.

Apa NoMOWiM

Setelah mengalami banyak kesulitan ketika memperbaiki design tema wordpress pada blog ini, agar lebih simple dan usable beberapa waktu lalu. Setelah dibelahan bumi lain dicanangkan sebuah event 'Naked Day 2010' beberapa pekan lalu pula.

Kemudian berawal dari diskusi singkat tentang 'Gropyokan Tetikus' – acara tidak resmi petani-petani Indonesia ketika membasmi hama tikus supaya mendapatkan hasil panen yang optimal. Maka NoMOWiM adalah sebuah obsesi, spirit empati dan kesadaran pribadi untuk seorang "Ayah"-nya Ebiet G Ade (Indonesian Musician).

Kenapa harus NoMOWiM ?

Dengan tidak bermaksud mendramatisir sebuah keadaan, dan tanpa niat menyinggung siapapun dan dimanapun, inilah yang ada dalam benak saya, seorang petani desa anak seorang petani :

  1. Saya tidak mungkin memiliki empati kepada orang-orang yang mempunyai keterbatasan/disability (maaf:cacat) dari sudut pandang seorang dokter. Sehingga istilah-istilah (ditulis terbatas untuk tujuan artikel ini) seperti : Parkinson’s Disease, RSI, RMD, Muscular Dystrophy, CT, Cerebral Palsy, Stroke dan pencerahannya adalah menjadi tanggung-jawab moral bagi yang mempunyai background medis.
  2. Saya juga bukan seorang ilmuwan. Sehingga saya tidak mungkin ber-empati pada orang-orang yang mempunyai disability dengan cara menterjemahkan Assitive Technology, dalam sebuah design barang teknologi untuk menjembatani 'a11y' dan HCI atau MMI atau CHI.
  3. Lagi-lagi saya juga bukan seorang Teknokrat atau Birokrat, yang bisa membuat kebijakan untuk sebuah design secara umum atau web design berorientasi publik, secara khusus. Sementara, orang-orang di belahan bumi sana dalam semangat kebersamaan, telah ber-empati dengan semakin mengukuhkan wacana 'Putting the User at the Heart of the W3C Process'.

    Sehingga Canada mempunyai Common Look and Feel Standards, Philippina memiliki NCWDP, Spanyol mempunyai UNE 139803, Verva di Swedia membukukan Swedish National Guidelines for Public Sector Websites, UK dengan Pas 78 serta DDA 1995. Kemudian 'JIS X 8341-3' di Jepang. Australia dengan World Wide Web Access: Disability Discrimination Act Advisory Notes, begitu pula dengan Disability Act 2005 sebagai bentuk dukungan 'Code of Practice on Accessible Public Services' di negara Irlandia.

Self Assessment, Personal Improvement

Sekali lagi, saya tetap seorang petani, anak seorang petani desa yang harus tetap bersyukur karena karunia-Nya, panca indera lengkap, bisa memandang luas dunia melalui internet. Mempunyai kesempatan nge-blog dengan wordpress, bisa belajar men-design tema wordpress sendiri. Meskipun akhirnya mengakui bahwa membuat design yang simple dan usable itu lebih sulit dibandingkan dengan design web yang eye-catching.

Saya tidak mungkin pamit begitu saja pada dunia ini. Bahkan saat berusia seperti 'Ayah', saya akan tetap mencintai dunia ini. Dan sekarang ini, saya tidak bisa membayangkan jika 'Ayah' atau bahkan saya sendiri harus mengalami seperti Stephen Hawking, atau lebih kompleks lagi jika harus seperti Kopral Craig Lundberg dalam tulisan Pak Zatni Arbi pada Viewpoint PC Media edisi 05/2010, yang berjudul 'Teknologi Pemberdaya'.

Tetapi, aksi empati individu ini tidak berorientasi keterbatasan secara kompleks – complex disabilities. melainkan hanya karena :

  1. Telinga masih mendengar sebuah pertanyaan, “SAPI !, Apa yang harus diklik untuk menyalin kalimat optimasi web ini ?“.
  2. Mata ini masih melihat tangan seseorang tergagap-gagap memainkan mouse untuk 'menyorot-biru' (katanya), saat mengisi form pendaftaran elektronik.
  3. Punggung harus membungkuk, mengambilkan pointing device handheld seseorang yang jatuh, karena tangan si-empunya kebanjiran keringat.
  4. Jika Aplikasi Office jadul adalah Lotus, WordStar, kemudian ada dBase dan foxbase untuk pemrograman. Kenapa GUI dan mouse saat ini justru membuat beberapa orang malah bertingkah aneh ya ?
  5. Atau jika tahun 2010 ini masih ada yang menggunakan mesin ketik dikantor, mana yang lebih sering mereka lakukan ? melakukan pengaturan tabbing dengan menyesuaikan layout formulir atau menekan spasi berulang-ulang hingga menimbulkan bunyi yang sangat harmonis sekali.
  6. Dan lain-lain yang sepele yang seharusnya juga menjadi perhatian dan empati saya.

Saya harus sadar bahwa pembelajaran itu harus dimulai dari sana, atau saya tidak akan pernah mempunyai dasar-dasar yang baik untuk bermain-main dengan themes design. Dan cita-cita belajar standarisasi web akan menjadi sia-sia sampai saat itu tiba.

No Mouse on the Web in Monday, just another personal improvement and self assessment of side22press owner. You may follow this action, with no tools and no result guarantee except your spirit and your own ability scoring.

Thanks.

NoMOWiM Spirit

Published on : Apr 18, 2010. Last modified at : Apr 19, 2010.


Click to share on twitter , digg it, or save this article to del.icio.us.

article Navigation

Related to “NoMOWiM Spirit”.

  1. NoMoWiM Spirit + PWD-Use-Web Draft = DEO (Prolog)
  2. if (onpage_SEO(1) && !DEO(1)) { echo "Common Mistakes"; }
  3. Subyektifitas NoMoWiM pada Design OS & UA

7 Opinion for “NoMOWiM Spirit”.

Ngga nyangka bakal gini jadinya. Sarat penjiwaan. Terasa emosinya. Mungkin ada musik latar yang memengaruhi. :)

Nanti pengen pingback ah.

Tadi nyoba akses pake Links, kayaknya ditolak javascript antispam, Pakdhe. :P

Hayah, cerita ga genah saja koq pake mau di ping.

Javascript ? Mungkin pas memperbaiki tombol, sama nambahin yang lain tadi. Karena saya tidak memasang javascript kecuali untuk thread komen. Tapi javascript punya fluidproject sepertinya perlu diujicobakan karena menjanjikan aksesibilitasnya daniiswara.com, Toronto memang bener-bener.

Mas Harry,
[OOT] satu lagi saya ketemu narablog yang begitu peduli dengan standarisasi web, bukan hanya untuk kepentingan/kenyamanan orang normal tetapi juga untuk yang sebaliknya.
Diusia yang beranjak naik ini (menjelang magrib) ternyata saya masih harus banyak belajar.
Salam Mas Harry.

Waduh Om,… fmwiw
Cuma sekedar peduli om Aldy, padahal Nol besar.
Justru saya yang harus banyak belajar di personfield.web.id
Harry saja om Aldy, lebih pantas buat saya.

[mode-on: kepala muter-muter], gagal senyap blogwalking karena tergoda keadaan.

Hmmm… boleh nih diikuti. :)

Asop,..
Silahkan, jika memang ada sedikit kepedulian pada sesama. NoMOWiM terbuka untuk siapa saja, milik siapa saja koq.

[...] hari Senin ini saya temukan di tulisannya Pak Harry, 'No Mouse on the Web in Monday'–NoMoWiM Spirit (Side22.com). Saya menerjemahkannya dengan mencoba mengakses beberapa blog memakai peramban [...]

Leave an Opinion

Important : LOW isn't intended to on topic opinions, just be polite. You may use strict markup only. Opinions failing these requirement will be edited. Spam opinion won't get published.
Please, enter your real name and your valid email address (in required field). Don't worry, i'll kept your email private.










Random Learning