Logo WordPress

Riwayat belajar menulis dalam sebuah blog sudah mendekati umur satu tahun. WordPress Organization bahkan sedang dalam persiapan untuk merilis versi 3.0. Tetapi, dalam tema “yrrah” yang sudah beberapa kali dibongkar-pasang masih tetap saja menyisakan sesuatu yang tercecer, tertinggal bahkan mungkin terlupakan. Apakah ini sebuah permintaan maaf ? Iya.

Dan karena alasan tersebut, maka nama berkas gambar yang dipergunakan Side22Press untuk pranala yang merujuk ke situs resmi WordPress Organization sudah diganti dengan “wordpress-logo.png”. Begitu pula alternatif teks yang dipergunakan dalam pranala gambar tersebut juga sudah di ubah menjadi “Modified WordPress Logo”. Tooltips atau title hover pada pranala yang dipergunakan juga sudah diganti dengan semboyan WordPress yaitu, “state-of-the-art publishing platform with a focus on aesthetics, web standards, and usability”.

Aturan desain logo WordPress ? Do I need it ?

Alih-alih menggunakan logo yang (kadang-kadang terlalu) kreatif, sehingga justru menimbulkan kesalahan persepsi tentang hak cipta sebuah kreatifitas. Maka beberapa master dan yang peduli akhirnya lebih memilih teks sebagai pranala untuk membuat sebuah tautan ke situs resmi WordPress. Inilah kuotasinya :

Friends donít let friends use the wrong WordPress logo. If you see one of these in the wild, please gun it down.

Seru khan ?… Awas kalau salah pasang Badge atau Logo WordPress !, Tak bedhil sampeyan ha…ha…ha…

Baiklah… berikut adalah acuan resmi wordpress organization yang dapat dijadikan sebagai dasar untuk berkreasi dalam design pembuatan logo wordpress :

Rule of WordPress Logo

Dan inilah pembenahan badge WordPress yang dipasang pada tema Yrrah dengan heading ‘Lovely Badge’, pada tag_key ‘Credit’. Pembenahan tersebut adalah bentuk rasa terima kasih karena telah diberikan keleluasaan menggunakan blogging tool dari WordPress secara Gratis.

Bad Unstandard WordPress Logo menjadi Good Modified WordPress Logo

Masih perlu bukti ? Apakah ini lelucon ? Atau sekedar omong kosong ? silahkan membaca kembali Tentang Logo & Graphics wordpress.org. Atau mulai ingin berselingkuh dengan Mengunduh Source Code WordPress ?

Logo WordPress

Published on : May 03, 2010. Last modified at : Sep 25, 2010.


Click to share on twitter , digg it, or save this article to del.icio.us.

article Navigation

Related to “Logo WordPress”.

5 Opinion for “Logo WordPress”.

Wah baru tau ternyata kalau logo wordpress banyak yang palsu.

Kalau logo wordpress yang dibuat artistik itu melanggar hak cipta ga pak dhe?

Mas Adi,…
Saya tidak pernah menyampaikan bahwa 'banyak logo wordpress yang palsu', tapi 'masih ada beberapa yang mungkin tidak sesuai dengan juklak saat berkreasi'.

Terima kasih Mas Adi,… tetapi, biasanya saya akan jujur – "bloko suto" dan minta tolong kalau sedang ingin tancap gas meraih sebuah posisi. Tulisan ini sebenarnya ditujukan untuk merayu seorang teman didunia nyata agar segera ikut mencintai platform ini. :p

Ya pemakaian logo pun punya aturan. Berlisensi open source sekalipun. Brand logo jelas punya hak cipta sejak dia dibuat. Kadang modifikasi dibolehkan dengan tujuan tertentu. Logo Bali Blogger pun saya modifikasi atas izin yang membuat pertama kali.

Sebenarnya, sejujurnya, jika berkesimpulan cepat dari bacaan FAQ W3 tentang logo dan penggunaannya. Saya juga masih merasa bersalah karena telah meresize badge seenaknya. Tetapi berhubung sudah komit tidak akan menggunakan blog ini untuk yang neko-neko, maka jadilah… tapi pasti akan di betulkan juga koq.

Kalau gitu lebih aman menggunakan teks saja mas, CMIIW
Kalau mau menggunakan logo wp, menggunakan logo bawaan wp sendiri sudah benar kan Mas Harry ?

Leave an Opinion

Important : LOW isn't intended to on topic opinions, just be polite. You may use strict markup only. Opinions failing these requirement will be edited. Spam opinion won't get published.
Please, enter your real name and your valid email address (in required field). Don't worry, i'll kept your email private.










Random Learning