Seberapa berguna Validasi buat anda ?

Posting ini ditulis untuk memberi jeda penumpukan tulisan sejenis di SERPs. Tulisan ini adalah opini pribadi lagi tentang kebergunaan perangkat-perangkat validasi markah pada sebuah dokumen html. Tulisan ini adalah posting ketiga tentang validasi dan mudah-mudahan terakhir, karena semuanya sudah saya kembalikan kepada anda sekalian, sejak anda mulai membaca tulisan ini.

Validasi itu Proses

Validator markah itu cuma seperti alat tulis pensil, potlot. Pensil dan potlot milik anak SD ketika sedang mengalami proses pembelajaran dari nol. Suatu saat hasil goresannya bisa dihapus, kemudian direvisi atau diperbaiki.

Setelah mengalami proses pendewasaan dan kemudian si anak berkesempatan, dianugerahi kesempatan olehNya untuk bergelut dalam dokumen-dokumen teknis dan dokumen-dokumen sains, disanalah kebergunaan itu baru akan dirasakan, mungkin,… jika terketuk hatinya.

Valid ? Benar ? atau Berguna ?

Seorang dokter bedah mungkin menggunakan perangkat kedokteran berbasis metrik untuk pembedahan. Apa yang terjadi jika referensi dokumen teknis, yang didapat dari hasil sharing via web dengan seorang rekannya sesama dokter tersebut hanya ditulis sekedarnya tanpa markah yang valid benar ?

Atau seorang pengelana yang sering memetakan alam, hutan, gunung dan lainnya. Bagaimana generasi penerusnya akan mengikuti jejaknya jika dokumentasi koordinat peta hutan hasil jelajah yang di sharing via dokumen web hanya ditulis sekedarnya ?

Dua paragrah diatas hanya illustrasi. Karena petunjuk pembuatan dokumentasi kedokteran ditulis lengkap, detil dan terperinci. Demikian juga petunjuk pembuatan dokumentasi navigasi darat, laut dan udara.

Sedangkan saya ? Saya tidak mungkin dan tidak perlu menulis ukuran sudut kemiringan bajak atau cangkul yang valid dan benar dan berguna untuk petani lain, untuk mendapatkan hasil bajakan sawah yang baik.

Saya hanya manusia yang semakin uzur oleh jaman dan teknologi. Cita citaku cuma ingin membuka tabir dunia internetku sendiri, jika anugerah fisik normal ini sudah mulai lekang. Dan NoMOWiM – No Mouse on the Web in Monday adalah pintu pertama yang harus saya buka.

Anda mau yang mana ?

Seberapa berguna Validasi buat anda ?

Published on : Apr 24, 2010. Last modified at : Apr 25, 2010.


Click to share on twitter , digg it, or save this article to del.icio.us.

article Navigation

Related to “Seberapa berguna Validasi buat anda ?”.

6 Opinion for “Seberapa berguna Validasi buat anda ?”.

Dulu, alasan yang paling masuk akal itu untuk memecahkan masalah. Saat salah menulis posting atau mengubah theme. Tampilannya jadi aneh karena kelupaan menulis beberapa elemen. Daripada ngecek satu-satu salahnya di mana, mendingan cek pakai validator.

Setuju Rayimas,…
Seharusnya memang sesederhana itu khan ya ?.

Mas Harry,
Saya belajarnya otodidak diusia yang cukup senja sehingga banyak hal yang terlewatkan (salah satunya validasi), setelah tahu sesekali template perlu diedit dan perawatan baru menyadari jika validasi terasa sangat membantu. Itupun masih banyak yang harus saya pelajari :oops:

Om Aldy,…
Yang diatas sudah pernah menerima kalimat ini tentang ilmu validasi. Sekarang, apa harus saya tulis lagi ?

Om,… "Padi itu semakin tua, Semakin berisi, memang semakin merunduk"

monolog : sepertinya master-master sudah pada protes minta antispamnya dihapus ya ?

lagi belajar pelan2 nih.. thx sharingnya..

Blognya Achot,…
Silahkan Mas Nur. Saya belajarnya juga pelan-pelan koq dari beliau-beliau diatas, takut kepleset… Terima kasih kunjungannya Mas Nur.

Leave an Opinion

Important : LOW isn't intended to on topic opinions, just be polite. You may use strict markup only. Opinions failing these requirement will be edited. Spam opinion won't get published.
Please, enter your real name and your valid email address (in required field). Don't worry, i'll kept your email private.










Random Learning