Grade A pada Konfigurasi Entity Tags YSlow

Apa sebenarnya ETag ? ETag atau entity tag adalah salah satu bentuk 'caching' dengan menggunakan mekanisme pencocokan sebuah komponen (entity) yang telah disimpan pada browser (browser's chace) dengan komponen asli yang disimpan web server. Merupakan suatu bagian protokol WWW yang bernama HTTP. Pada beberapa bacaan, ETag didiskripsikan sebagai sebuah tanda pengenal unik yang dilekatkan pada setiap file pada sebuah situs dalam sebuah server.

Sebagai sebuah model caching, entity tag (ETag) sendiri dapat diaplikasikan dengan beberapa cara, antara lain dengan penetapan waktu modifikasi terakhir sebuah file (the last modified time of the file), penetapan ukuran file (size of the file), dan penggunaan 'checksum'.

Illustrasi paling kasar yang bisa saya terima adalah sebagai berikut (mudah-mudahan tidak salah) ;

Merasa tidak mendapatkan Grade A pada konfigurasi Entity Tags (ETags), ketika pertama kali menggunakan tool Site Performance YSlow, mungkin akan membuat seseorang (termasuk saya) giat melakukan pencarian dengan kata kunci menyelesaikan entity tags (ETags), mengatasi entity tag (ETag), atau bahkan how to Configure entity tags (ETags). Menekan tombol 'read more' untuk melanjutkan bacaan tentang cara melakukan konfigurasi entity tags pada tool YSlow, justru akan menambah pusing kepala (mungkin). Untuk sebuah dokumentasi pribadi, berikut adalah alasan mengabaikan dan cara menyelesaikan materi entity tag.

3 Alasan mengabaikan Entity Tags (ETags)

  1. Sebagai Pengguna WordPress yang menggunakan frontpage berisi posting-posting dinamis. Saya jelas tidak akan memberlakukan sebuah 'sidik-jari' khusus pada setiap komponen untuk dicocokan hanya membuka sebuah konten yang suatu saat, kemungkinan besar akan saya edit / hapus dan tambahkan sesuai selera mengikuti perkembangan situasi dan keadaan.
  2. Sementara dalam tahap evaluasi, trial dan ujicoba baik pada gambar, logo, badge. Saya juga akan berpikir 10 kali untuk menyediakan 'chacing' pada gambar-gambar tersebut dengan menggunakan ETag. Memilih metode chacing dengan Expires atau Max-Age mungkin akan menjadi pilihan yang lebih baik. Karena saya sendiri bisa berkomitmen pada jadwal peremajaan pada file-file tersebut.
  3. Jadi… ?

Berikut adalah 3 cara untuk meraih Grade A pada konfigurasi Entity Tags (ETags) YSlow:

  1. Pada sesi pengembangan – offline mode,
    Kita bisa menghilangkan point ini dengan menekan tombol edit pada Rule Settings, selanjutnya hilangkan 'thick' pada 'Configure entity tags (ETags)' lalu simpan perubahan tersebut. Cara ini hanya menghilangkannya pada browser di komputer lokal saja.
  2. Untuk server Apache, kita bisa menggunakan berkas htaccess.
    Tambahkan baris berikut pada berkas htaccess ;

    FileETag none

    dan semuanya selesai.

  3. Untuk IIS, silahkan baca Disable/Remove ETags on IIS 6 to Improve Performance atau kunjungi Microsoft Support article yang menjelaskan cara menghilangkan ETags.

Mudah-mudahan mempersingkat penjelasan YSlow tentang ETag.

Referensi :

Grade A pada Konfigurasi Entity Tags YSlow

Published on : Jan 14, 2010. Last modified at : Jun 24, 2010.


Click to share on twitter , digg it, or save this article to del.icio.us.

article Navigation

Related to “Grade A pada Konfigurasi Entity Tags YSlow”.

  1. Google Page Speed, Yahoo! YSlow, atau keduanya ?
  2. Setidaknya, Page Speed sudah dimutakhirkan dengan versi 1.8.3

6 Opinion for “Grade A pada Konfigurasi Entity Tags YSlow”.

Mas Harry, pengalaman Mas Harry sendiri sepertinya lebih baik mengabaikan ETags pada YSlow [mudahan nggak salah], lah kemudian yang membuat kepala ini menggeleng pusing, seberapa pentingnya ETags pada YSlow dalam kaitan dengan loading speed sebuah blog trus ada korelasi langsung nggak mas dengan yang Namanya SEO, SERPs.
Soalnya kalau Mas Harry minta saya mengikuti pranala diatas, bisa jungkir balik, semuanya pake bahasa yang tidak saya mengerti. Ngertinya ach….och…. doang.

Yah salah lagi tuh penulisan abbr-nya, wis terserah admin saja mau dibetulkan atau tidak (*ngeloyor pergi sambil membawa malu…*)

Om Aldy,…
Saya malah mau bilang terima kasih. Jika Om tidak ninggalin jejak disini mungkin saya tidak sadar kalau posting ini masih tercecer dari kata valid. :)

Pengaruh ETag untuk loading speed ya ada pada alasan pertama dari 3 alasan diatas. Daripada loading cepet tapi menampilkan konten yang lama, padahal sudah diperbaharukan maka saya memilih mengabaikannya. toh cuma beda sepersekian mili detik.

Untuk sebuah blog, dengan lolos YSlow-Ruleset Small Site or Blog sudah cukup khan Om ? buat apa mikirin yang berat-berat pada ruleset Classic dan V2

Sedangkan korelasinya ke SEO, SERPs adalah Gelap total Om, Bener. Karena, rahasianya khan cuma dipegang engineer-engineer pembuat mesin pencari/telusur saja.

Saya baru tahap baca-baca teori YSlow dan baca tinjauan mereka yang mencobanya. Tapi belum pasang pengayanya. Bukan anti Yahoo. Hanya berkesempatan mencoba yang Page Speed saja. Apa pentingnya Grade A?

Menulis sepatah, dua patah kata sambil berdoa supaya tidak ada yang memberi komentar jebakan disini. Selanjutnya,… pengen masang headset, ndengerin lagu yangslow Carol Kidd sambil bikin posting petisi untuk Rayimasku saja ach,…

[pokoknya pura-pura merem total]

[...] membaca tulisan Pakde Handoko Harry tentang Grade A Konfigurasi Entity Tags YSlow beberapa kali, belakangan ini baru saya putuskan untuk memasang pengaya YSlow di peramban Web [...]

Random Learning