Google Page Speed, Yahoo! YSlow, atau keduanya ?

Tidak ada hal yang lebih menarik saat mendapatkan materi baru untuk dipelajari berhubungan dengan web design, termasuk didalamnya performa sebuah situs atau lebih dikenal sebagai Site-Performance. Secara pribadi, saya tidak pantas menuliskan opini tentang penting atau tidaknya performa sebuah situs berkaitan dengan SEO, algoritma indeks mesin pencari dan Apalagi selanjutnya, kalau bukan PageRank.

Karena belum pernah pula melakukan dan merasakan manfaat linkback yang baik pada pelajaran linkbuilding, maka secara pribadi pula saya jujur berkata bahwa saya belum pantas menuliskan opini tentang seberapa besar pengaruh performa sebuah website terhadap PageRank dibandingkan dengan pengaruh backlink berkualitas.

Tetapi adalah sebuah fakta didalam dunia nyata bahwa performance dalam arti luas, sangat penting. Siapa yang tidak bisa melanjutkan kalimat ini, "Kesan pertama begitu menggoda, Selanjutnya … ".
Bukan karena produk yang diusung, bukan pula slogan yang menjadi brand, tetapi metode penyampaian iklannya, itu saja. Singkat, tepat, padat, jelas dan berkesan mendalam. Terus apa hubungannya ? Ya,.. Terserah interpretasi anda.

Menggali referensi untuk mempelajari materi Site-Performance dalam Google-Webmaster-Tool yang masih dalam tahap di ujicoba kan sudah pasti akan sedikit kesulitan. Tetapi dengan menyertakan beberapa link atau tautan referensi didalamnya, seolah-olah Google ingin mengatakan bahwa materi tersebut sebenarnya sudah tersebar luas. Dalam tulisan berikutnya, saya akan selalu menggunakan rujukan yang ditautkan pada Yahoo!YSlow.

Alasan kenapa menjatuhkan pada pilihan tersebut, sudah pasti tidak perlu dibahas disini khan ?.

Google Page-Speed dan Yahoo!YSlow menggunakan istilah yang sedikit berbeda untuk materi dan point penilaian performa sebuah web yang sebenarnya bisa diselesaikan atau dioptimalkan dengan cara yang sama. Mudah-mudahan pembelajaran ini, tidak berhenti ditengah jalan seperti pelajaran-pelajaran saya sebelumnya. Dalam tulisan-tulisan selanjutnya, saya ingin berbagi pengalaman dari yang paling mudah saya pahami, saya temukan jawabannya, saya praktek-kan dan terbukti berhasil menaikkan grade penilaian pada Yahoo!YSlow sekaligus Google Page-Speed.

Untuk mempelajari materi Site-Performance, seorang web designer, web programmer, web developer, atau web apalah ?, setidaknya memerlukan perkakas atau tool antara lain sebagai berikut :

  1. Peramban Firefox, silahkan download versi paling update dari Mozilla
  2. Add-ons Firebug – Web Development Evolved
  3. Add-ons Google Page-Speed, Speed up your web pages with this diagnostics tool
  4. Add-ons Yahoo!YSlow, Make your pages faster with Yahoo! page performance tool.

Silahkan abaikan catatan dibawah ini jika sudah terjadi perubahan. Saat tulisan ini diposting, Google Page-Speed versi 1.4 baru diujicobakan pada Firebug versi 1.4.3. Jika saat ini, Firebug sudah dimutakhirkan dengan versi 1.4.5, anda pasti mengerti tentang sebuah pilihan dan konsekwensinya.

Ada yang mau menambahkan ? Silahkan.

Google Page Speed, Yahoo! YSlow, atau keduanya ?

Published on : Jan 13, 2010. Last modified at : Jun 24, 2010.


Click to share on twitter , digg it, or save this article to del.icio.us.

article Navigation

Related to “Google Page Speed, Yahoo! YSlow, atau keduanya ?”.

10 Opinion for “Google Page Speed, Yahoo! YSlow, atau keduanya ?”.

loading page yang cepat menghemat waktu visitor yang membuka site kita, # dan bila merujuk pada algoritma sistem google yang baru yang mengindahkan faktor site performance maka kecenderungan besar site yang memiliki loading page tercepat akan lebih mudah terindex oleh google, begitu? @ #koreksi bila salah.

Mudah-mudahan seperti yang mas Arief tambahkan.
Saya sendiri sebenarnya baru berani beropini tentang Site Performance saat berkaca pada filosofi simbiosis ikan hiu dan ikan remora.
Jika hiu-hiu yang gagah, tangkas dan perkasa saja mulai menambah daya kibasan ekor dan siripnya, Apakah ada alternatif lain bagi remora untuk bertahan hidup, kecuali ikut memacu kecepatan ?.
Tentang index dll sama-sama sebuah misteri seperti sang ikan yang gagah perkasa, kan ?

Apa skor YSlow selalu lebih rendah dari Page Speed?

Mana dokumentasi atau peranti antara keduanya yang relatif lebih mudah diikuti?

IMO : Dokumentasi page-speed sepertinya tidak jauh beda dengan milik yslow. Yang jelas, yang pertama lahir tentu yang lebih duluan dapat dokumentasi akte kelahiran, dikenal dan kemudian diperbincangkan.

Offtopics,…
Tentang dokumentasi pribadi, It was under private published my dear Rayimas. Saya akan koreksi dulu koleksi posting tentang Page Speed dan YSlow demi obyektifitas sebuah opini, jika memang Rayimas menyarankan tulisan tersebut sebaiknya dibuka untuk umum. :(

Note : Meskipun seharusnya saya abaikan, tetapi alasan batal open publikasi tersebut karena ada sedikit hubungan dengan kepindahan sang maestro dari Y ke G. [nama beliau sempat saya sebut-sebut saat kita berdiskusi tentang optimasi CSS]

Tidak juga Rayimas. Saya malah lebih menganggap bahwa YSlow sebagai bahan perkenalan dan expertnya di Page Speed. Jika terbalik menggunakannya mungkin bisa membuat sedikit mual.

Menyederhanakan cara meraih nilai bagus pada ujian pertama lebih susah dibandingkan dengan mengikuti ujian susulan, karena pada ujian susulan sudah pasti ada sedikit bocoran tentang materi ujian.

saat ini saya lebih memilih menggunakan Yslow daripada Google Page Speed. Alasannya adalah karena Yslow lebih sederhana, setidaknya menurut saya.

oglek,
ternyata benar. YSlow lebih informatif. Awalnya saya menganggap Page Speed sudah cukup intuitif dipakai. Mungkin karena saya mencoba Page Speed lebih dulu dibanding YSlow.

Mas Oglek,…
Mudah-mudahan saja page speed juga segera masuk versi paling stabilnya. Setidaknya menjadi semakin informatif untuk masing-masing segmen/target nya. Bagaimanapun tetap saja UUD :(

[…] Setelah membaca tulisan Pakde Handoko Harry tentang Grade A Konfigurasi Entity Tags YSlow beberapa kali, belakangan ini baru saya putuskan untuk memasang pengaya YSlow di peramban Web Firefox. Saya pikir sudah cukup dengan pengaya 'Page Speed' saja. Selebihnya, saya menyimak YSlow dari tinjauan blog lain saja. Hingga saat ini, saya belum memahami dokumentasi YSlow. Apa itu Entity Tags (ETags) dan bagaimana efek 'cache'-nya, sudah dijelaskan oleh Pakde Harry di tulisannya tersebut. Baca juga tulisan beliau berjudul Google Page Speed, Yahoo-YSlow, atau keduanya? […]

Random Learning