Menyederhanakan Asterisks pada Formulir Komentar

Beruntunglah saya, karena selalu memberi label beta untuk tema WordPress terpakai. Karena dengan label tersebut, membuat saya tidak perlu enggan dan malu ketika selalu ingin menuliskan sebuah pengakuan bahwa membuat desain tema yang sederhana, simple adalah pekerjaan yang susahnya 'setengah hidup'. Dan kali ini seputar formulir komentar. Pada awalnya, dengan menggunakan tanda "asterisk (*)" akan bisa menyederhanakan label-label pada formulir komentar. ternyata,… hasilnya justru berkebalikan. Arggh, bagi yang tidak pernah melakukannya, anda pantas untuk bangga.

Hati-hati dengan Asterisk

Untuk tujuan tulisan ini, maka contoh penggunaan tanda asterisk dituliskan terbatas pada materi :

  1. Penulisan komentar pada markah CSS, saat melakukan percobaan Optimasi style sheet data CSS

    /* Komentar ini bisa dihilangkan untuk alasan minimalisasi ukuran berkas CSS */
    tag_key.selektor{properti:nilai}
    ...
    

    pada konteks contoh tersebut, asterisks tidak pernah salah, dan jangan disalahkan.

  2. Pembuatan template pada tema WordPress. Sampai dengan versi 2.9.2, untuk membuat atau menambahkan sebuah modul template, WordPress selalu membaca isi komentar dalam berkas modul PHP

    <?php
    /*
    Template Name: Nama Template
    */
    ?>
    

    Sekali lagi, pada konteks contoh diatas, asterisks tidak pernah salah, dan jangan dipermasalahkan.

  3. Penanganan label pada borang (secara umum), dan label pada formulir komentar (terbatas pada tema WordPress) ;

    • Name (*)
    • Email (*)
    • Website (optional)

    Disinilah letak ketidak hati-hatian itu muncul, Menyederhanakan kata required dengan tanda asterisk menimbulkan sebuah masalah tersendiri pada sebuah kondisi.

Lalu, pada kondisi dan keadaan yang mana ?

Borang, Formulir Komentar itu bukan brosur iklan propaganda

3 hal berikut mungkin sudah biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan sudah lebih dari cukup untuk dijadikan contoh "Kulkas 2 pintu, Murah !, cuma 100 ribu*)", "Bawa pulang Motor, Hanya dengan 500 ribu*)", "Beli 2, Hadiah langsung Sepeda Motor*)". Silahkan melanjutkan kalimat-kalimat berikutnya dalam hati.

Opini dibawah ini sifatnya tentatif karena saat tulisan ini dibuat, WordPress versi 3.0 masih pada posisi beta

Tetapi alternatif kode snippet <?php comment_form(); ?> menggantikan <?php comment_template(); ?> sepertinya dibuat untuk mengakomodasi eliminasi kesalahan yang saya maksud pada contoh ke-3

Pada wp-include comment-template.php, terdapat array argumen sebagai berikut ;

'comment_notes_before' => '<p class="comment-notes">' . __( 'Your email is <em>never</em> published nor shared.' ) . ( $req ? __( 'Required fields are marked <span class="required">*</span>' ) : '' ) . '</p>',

Pertanyaannya selanjutnya adalah, kenapa founder dan developer WordPress meletakkan catatan dan keterangan tersebut sebelum label label yang menyertakan asterisks pada formulir komentar ? Yang jelas dan pasti adalah formulir komentar tidak seharusnya disajikan seperti brosur yang kadang-kadang menjebak. Alasan mana yang anda pergunakan ? :)

update : 21 Mei 2010
Pada konteks yang lebih spesifik sesuai pembelajaran saya (ini), anda bisa membaca dan meresapi thread komentar yang ada pada tulisan Tidak Menembak Kata Kunci P*rno – Unessential Weblog, milik Pak Dani Iswara.

Selanjutnya, semuanya saya serahkan kembali kepada anda.

g14

Menyederhanakan Asterisks pada Formulir Komentar

Published on : May 13, 2010. Last modified at : May 21, 2010.


Click to share on twitter , digg it, or save this article to del.icio.us.

article Navigation

Related to “Menyederhanakan Asterisks pada Formulir Komentar”.

9 Opinion for “Menyederhanakan Asterisks pada Formulir Komentar”.

(…balik kanan dulu, ngecek ulang…), untungnya saya menggunakan standar yang ada saja.

Mungkin maksudnya ingin menghemat tempat, dengan menggunakan asterisks bisa dihemat beberapa huruf dan penulisannya menjadi singkat (*), beres.

Alasannya, ya karena yang saya tahu dan pelajari otodidak seperti yang dibuat oleh para founder WP. Kiblatnya memang kesana kan Mas ?

blognya menarik, saya jadi punya referensi belajar wordpress
ijin bookmark ya

Terima kasih mas,…
Kita belajar wordpress bareng-bareng dengan yang lainnya.

Sependek yang mungkin saya tahu, apapun tandanya (misal asteriks, warna, teks), apapun teknologinya (via aria), asal pengguna (termasuk pemakai 'screen reader') juga bisa mudah memahami bahwa kolom isian itu wajib diisi.

Sedangkal yang saya ketahui. seharusnya tidak sependek ini, Rayimas. :(

Pada textpattern, asterisk digunakan sebagai kode textile untuk huruf bold, dan saya rasa tidak ada masalah dengan php ;)

Begitu Mas Ardian ya,…
Berlangganan thread komentar via email, memang yang (*diantara asterisk ini akan ditebalkan*) tapi (*kenapa yang ini tidak ditebalkan ya…*) ? bingung saya. (*meskipun tujuan saya sebenarnya cuma pengen membaca yang aneh-aneh. begitu, mas ardian *)
jika harus melanjutkan thread komentar milik Mas Dani disini, intinya (*sesuai konteks tulisan asterisk yang disini lho ya*);
– kenapa harus menempatkan <strong></strong> secara membabi buta, jika algoritma itu memakai analisa se sederhana textpatern-textile seperti uraian mas Ardian ? pun seperti cara email client memperlakukan asterisk itu.
– kenapa harus mencoret dengan <del></del> untuk menyederhanakan asterisk diatas, jika sebenarnya algoritma justru menilainya secara terbalik ? apakah yang hitam memang suka memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan ? Aneh ga sih ? :)

Yang punya algoritma mestinya tahu kecolongan itu. Lalu elemen itu menjadi tidak diperhatikan lagi karena sering disalahgunakan. Atau persentasenya yang di luar algoritma dikebiri saja. Mesin juga jadi ngga enak bacanya.

Rayimas,…
Mungkin,… mudah-mudahan saja Mas Ardian berkenan melakukan ekplorasi pada dan dengan textpattern beliau.

Leave an Opinion

Important : LOW isn't intended to on topic opinions, just be polite. You may use strict markup only. Opinions failing these requirement will be edited. Spam opinion won't get published.
Please, enter your real name and your valid email address (in required field). Don't worry, i'll kept your email private.










Random Learning