Webmail setting, GMail dan Yahoo!Mail

Tulisan belajar hemat dengan optimalisasi surel atau email pada pengaturan webmail atau webmail setting, adalah bagian pertama dari tiga tulisan yang hanya di rekomendasikan bagi pemilik koneksi internet yang “lemot” (baca: lambat). Tulisan ini mungkin tidak terlalu bermanfaat bagi mereka yang sehari hari bisa bertemu dengan “titik-panas”, atau mempunyai koneksi internet 100% gratis (baca : numpang Wi-fi tetangga yang bocor), dan atau bagi yang hanya memiliki satu email account saja di dunia maya.

Terima kasih…
Melanjutkan membaca tulisan ini, artinya siap melanjutkan kegiatan optimalisasi email account. Sampai saat ini, salah dua webmail ternama yaitu Google dengan GMail dan Yahoo! dengan Yahoo!Mail, masih memberikan fasilitas kepemilikan akun surel secara cuma-cuma alias gratis. Normalnya… biasanya… untuk mengecek email yang masuk dalam mailbox pada email account adalah dengan cara ;

  1. Mengaktifkan koneksi internet
  2. Membuka peramban atau browser
  3. Mengetikkan URL webmail pada “address bar” peramban
  4. Mengisi username dan password

Pertanyaannya adalah, pernahkah kita merinci ;

Pembelajaran ini mudah mudahan bisa merubah cara konvensional di atas untuk tujuan berhemat koneksi. Meskipun modem 3G, 3.5G, UMTS, dan HSDPA sudah jamak di temui di pasar, pembelajaran memperlakukan email account secara efisien saat beaktifitas dengan email ini pantas untuk di coba.

Mengubah setting standar webmail

Webmail setting adalah kegiatan pertama yang tidak boleh dilewati agar tujuan hemat dengan email dapat tercapai. yaitu dengan melakukan sedikit perubahan konfigurasi standar pada email account yang kita miliki pada webmail tempat kita membuat email. Tulisan ini hanya membahas terbatas pada pengaturan pada webmail GMail dan pengaturan pada webmail Yahoo!Mail . Silahkan klik link yang sesuai dengan email account yang anda miliki.

Setting pada webmail GMail

  1. Aktifkan koneksi internet, buka dan arahkan browser ke URL webmail Google (GMail) yaitu http://mail.google.com/, kemudian login/sign-in ke email account gmail anda dengan memasukkan username dan passwordnya.
  2. Kemudian klik tulisan “Setting” tanpa tanda kutip, yang terletak disamping kanan alamat surat gmail anda.
  3. Pada layar berikutnya, Klik tab menu Forwarding and POP/IMAP
  4. Pada tab menu Setting | Forwarding and POP/IMAP yang terbuka, terdapat 3 (tiga) hal yang perlu dicermati, antara lain ;
    Forwarding
    Forwarding adalah fasilitas penerusan email ke alamat email alternatif lain yang kita punyai.
    – Pilih Disable Forwarding untuk pembelajaran ini, artinya setiap email yang masuk ke kotak email GMail tidak akan di teruskan atau di salin ke/pada email account yang lain.
    POP Download
    POP Download adalah fasilitas untuk mengunduh email dari inbox pada webmail dan meletakkannya ke dalam kotak surat masuk pada akun yang ada dalam email client yang telah kita pilih.
    – Pilih Enable POP for all Mail
    IMAP Access
    IMAP Access adalah fitur akses email pada mail server webmail gmail menggunakan port IMAP pada email client (baca: fitur ini adalah realtime akses GMail dengan email client).
    – Tidak usah di aktifkan, karena tidak sesuai tujuan hemat pada tulisan ini.
  5. Langkah berikutnya, klik Save change, untuk konfirmasi perubahan setting yang telah kita lakukan.
  6. Selesai, Keluar/Sign Out dari email account pada webmail Google (GMail) anda.

Setting pada webmail Yahoo!Mail

  1. Aktifkan koneksi internet, buka dan arahkan browser ke URL webmail Yahoo! (Yahoo!Mail) http://id.yahoo.com/, kemudian login/sign-in ke email account Yahoo! dengan memasukkan username dan passwordnya. Lakukan sampai “inbox” pada akun anda di webmail Yahoo! terbuka. Biasanya… kita akan mendapat sapaan “Selamat Datang…” dari Yahoo! di pojok kanan atas halaman yang ada.
  2. Kemudian cari dan klik kata Opsi, yang letaknya ada dibawah sapaan selamat datang dari Yahoo!
  3. Pada layar berikutnya, Klik sub menu POP & Penerusan
  4. Berikutnya, pada menu POP & Penerusan cari dan klik kalimat Membuat atau mengedit POP & Penerusan
  5. Pada menu Akses & Penerusan POP terdapat 2 (dua) hal penting sebagai berikut :
    Akses Web & POP [Setelan POP].
    – Klik radio box pada Akses Web & POP [Setelan POP]
    – Ketika mengunduh pesan baru dari webmail Yahoo!, sebaiknya anda pilih untuk menerima semua pesan termasuk yang dianggap spam
    – Alasannya, kadang kadang spamguard terlalu ketat sehingga email email dari kolega yang di kirim dari webmail tidak populer akan di blok.
    Pilihan Meneruskan
    – Pilihan ini bisa di aktifkan jika anda menginginkan semua email yang masuk ke inbox webmail Yahoo! di salin pada account email lain yang anda miliki.
  6. Sekarang kembali ke langkah 3, klik Simpan Perubahan
  7. Selesai, Keluar/Sign Out dari email account pada webmail Yahoo! anda.

Selesai… langkah awal belajar hemat saat beraktifitas dengan email cukup sampai disini. Semua perubahan pengaturan atau setting pada webmail yang telah di lakukan pada langkah langkah di atas, tidak akan menggangu aktifitas surat menyurat anda via surel atau email.

Namun… tujuan hemat sesuai judul pembelajaran ini belum tercapai, karena kita masih memerlukan sebuah aplikasi email client, membuat sebuah akun/account dan melakukan sedikit pengaturan dalam email client pilihan kita tersebut.

Webmail setting, GMail dan Yahoo!Mail

Published on : Sep 12, 2009. Last modified at : Sep 24, 2010.


Click to share on twitter , digg it, or save this article to del.icio.us.

article Navigation

Related to “Webmail setting, GMail dan Yahoo!Mail”.

Leave an Opinion

Important : LOW isn't intended to on topic opinions, just be polite. You may use strict markup only. Opinions failing these requirement will be edited. Spam opinion won't get published.
Please, enter your real name and your valid email address (in required field). Don't worry, i'll kept your email private.










Random Learning