Protokol email dan sekilas email client Thunderbird

Tulisan ini membahas beberapa hal yang berkaitan erat dengan email, yaitu webmail dan email client serta komunikasi dan hubungan sebuah email dengan webmail dan email client. Materi tulisan tentang email client ini merupakan pemahaman lanjutan sehingga tujuan hemat benar-benar bisa tercapai.

Berikut adalah penjelasan umum tentang Email client, POP, IMAP, SMTP dan Mozilla Thunderbird. Pemahaman tentang port yang dipergunakan untuk lalu lintas email dari webmail ke email client dan kebalikannya, mudah mudahan mempermudah cara mengenali kegagalan yang timbul pada proses penerimaan dan pengiriman surel via email client.

Email Client

Email client atau Email reader atau Developer IT menyebutnya secara resmi sebagai Mail User Agent — MUA adalah sebuah program komputer yang dibuat untuk mengelola email. Pengelolaan pesan pada mailbox webmail ini termasuk di dalamnya proses penerimaan email menggunakan POP dan atau IMAP serta proses pengiriman email menggunakan SMTP.

Protokol lalu lintas email

Berikut ini adalah beberapa protokol yang dipergunakan untuk menghubungkan dan atau mengomunikasikan webmail dengan email client.

Post Office Protocol — POP

POP adalah protokol yang digunakan untuk mengunduh pesan yang ada di dalam mailbox webmail dan menyimpan pesan tersebut pada komputer kita.

Protokol ini mengijinkan kita untuk meminta webmail supaya menghapus pesan yang telah di unduh dari server webmail atau membiarkannya tetap ada pada server webmail, sebagai backup jika terjadi kegagalan sistem operasi pada komputer. Ketidaknyamanan protokol ini adalah, pengguna aplikasi email client harus melakukan setelan folder folder pesan (inbox, outbox, dst) pada Email client secara manual. Sehingga tidak akan bisa sama persis dengan yang biasa di lihat pada webmail.

Port number incoming mail POP, adalah ;

Internet Message Access Protocol — IMAP

IMAP adalah protokol yang di pergunakan untuk mengakses pesan pesan yang ada di mailbox webmail secara realtime.

Oleh karena itu, ketika tidak terkoneksi dengan internet maka kita tidak akan melihat dan atau membaca pesan pesan dimaksud pada email client. Karena pesan pesan mailbox tetap berada pada server webmail. Seperti di jelaskan pada belajar hemat dengan optimasi email bagian 1 (Webmail setting), opsi ini telah di minta untuk di abaikan saja. Sekali lagi, maksud dan tujuan tulisan ini adalah belajar hemat.

Port Number incoming mail IMAP, antara lain ;

Simple Mail Transfer Protocol — SMTP

SMTP dalam perkembangan dunia messaging mempunyai dua varian, yaitu Mail Transport Agent — MTA dan Mail Submission Agent — MSA, yang membedakan keduanya adalah port yang di gunakan pada outgoing mail server saat mengirimkan pesan. Port ini harus tersedia pada aplikasi email client serta pada webmail.

Port Number outgoing mail SMTP, antara lain ;

Email client Mozilla Thunderbird

Sekarang, saat ini tersedia banyak sekali email client. Baik yang Open Source, Freeware, Retil, Shareware, sampai Donationware. Sementara tulisan ini memilih email client Mozilla Thunderbird.

Mozilla Thunderbird adalah program gratis, open source, cross platform email client and news client. Aplikasi ini awalnya di kembangkan oleh Mozilla Foundation. Di luncurkan pertama kali pada 07 Desember 2004 dengan nama Minotaur, tidak lama setelah Phoenix (nama pertama firefox) 26 Juli 2007 dilepas ke jagad raya.

Thunderbird mulai dikembangkan secara independen oleh Mozilla Messaging, di luar Mozilla Corporation sebagai perusahaan subsider, karena Mozilla Corporation hanya akan di fokuskan pada pengembangan Browser atau peramban Mozilla Firefox.

Tentatif… saat tulisan ini dipublikasikan, versi stabil Thunderbird yang bisa di unduh adalah versi 2.0.0.23. Meskipun pada 21 juli 2009 telah di luncurkan versi 3.0 beta 3.

Tanpa bermaksud promosi, jika browser atau peramban yang di pergunakan adalah Mozilla Firefox, maka tidak ada ruginya jika memilih Mozilla Thunderbird sebagai email client. Silahkan unduh Thunderbird versi paling stabil dari Mozilla Messaging via spreadthunderbird.com, kemudian install di komputer anda. Pembelajaran hemat koneksi dengan optimalisasi penanganan email akan di lanjutkan pada posting berikutnya, yaitu account setting pada email client Thunderbird.

Protokol email dan sekilas email client Thunderbird

Published on : Sep 13, 2009. Last modified at : Sep 24, 2010.


Click to share on twitter , digg it, or save this article to del.icio.us.

article Navigation

Related to “Protokol email dan sekilas email client Thunderbird”.

Leave an Opinion

Important : LOW isn't intended to on topic opinions, just be polite. You may use strict markup only. Opinions failing these requirement will be edited. Spam opinion won't get published.
Please, enter your real name and your valid email address (in required field). Don't worry, i'll kept your email private.










Random Learning