Make use of description meta tag

belajar-seo-pada-meta-tag-descriptionOrang Bijak bilang, Salah satu metode paling efektif dalam proses belajar atau mempelajari sesuatu adalah dengan menuliskannya kembali“.
Maka, melanjutkan proses belajar tentang dasar dasar Search Engine Optimization, Posting berikut adalah sedikit yang bisa saya tangkap tentang pentingnya memahami (baca: langkah pertama) selanjutnya melakukan latihan (baca: langkah kedua) penggunaan / pemakaian salah satu elemen meta tag yaitu description pada halaman HTML, website, blog atau webblog.
Tulisan ini mudah-mudahan bermanfaat bagi yang memerlukannya. Dan pesan saya untuk master master SEO adalah,"Tulisan ini adalah pelajaran kuno untuk anda sekalian. jangan melanjutkan membaca, Skip saja :D ".

A. Pemahaman HTML meta tag dan "description" meta tag.

Metadata adalah informasi tentang sebuah data. Sebagai sebuah dokumen, halaman HTML memerlukan metadata untuk memberikan informasi tentang data dalam dokumen, dengan menggunakan <meta> tag yang harus ditulis dan diletakkan diantara <head> section pada halaman HTML bersangkutan. Elemen meta yang umum dipergunakan antara lain adalah meta description, meta keywords, meta author, meta geo dan lain lain. (penting: ada beberapa metadata yang sudah diadopsi oleh semua mesin browser, sebagian lagi belum)

Meta tag description adalah salah satu elemen meta tag untuk mendiskripsikan dan menjelaskan isi sebagian (baca: halaman / pages) atau isi keseluruhan sebuah site / website, untuk membantu “pengunjung” dan google dan search engine lain dalam proses identifikasi sebuah halaman HTML dan atau site. Dibandingkan dengan title tag, informasi yang ada di dalam meta tag description tetap harus singkat, padat, jelas, tetapi dianjurkan sedikit lebih detil dan terperinci (baca: sebuah summary).

Jika pada posting sebelumnya tentang title tag, dianjurkan untuk membuat judul sesingkat mungkin, seinformatif mungkin, seunik mungkin dan semenarik mungkin. Dan optimasi title tersebut lebih dikarenakan alasan human atau pengunjung website, blog atau weblog dalam arti sebenarnya ( hingga pada suatu kesempatan ketika mengetikkan satu kata 'why' pada Google, saya pernah melihat ada yang membuat judul seperti ini "Why,… Why,… Why,…" ).
Maka pada elemen "description" meta tag sebuah HTML, adalah perluasan kata / kalimat pada title yang telah dipergunakan, dengan mengedit menjadi satu atau dua buah kalimat utuh atau apabila diperlukan dianjurkan untuk mendiskripsikan sebuah halaman HTML dengan sebuah paragraf singkat, tanpa perlu memikirkan indera penglihatan pengunjung. Karena sepertinya (baca: opini saya pribadi) meta description ini cenderung hanya untuk konsumsi mesin pencari. W3C school juga bilang, "Metadata will not be displayed on the page, but will be machine parsable"

Berpedoman pada penjelasan Google lagi, yaitu "Description meta tags are important because Google might use them as snippets for your pages", ditambah permintaan pihak google untuk menggaris bawahi kata might, dengan memberikan sedikit alasan dan menjelaskan kemungkinan kemungkinan lain ketika google menggunakan description meta tag berhubungan dengan query pengguna dalam search engine nya. Maka pemahaman tentang meta tag description ini perlu, meskipun akhirnya saya beropini lagi, bahwa kata “might” itulah juga yang menjadi salah satu faktor kenapa Google’s SEO akhirnya terus dinobatkan sebagai “Misteri” dan melahirkan sekian ribu thread dalam forum, sekian juta posting analisa dengan topik utama SEO serta sekian ribu website dengan frase “seo” sebagai embel-embel nama domain nya.

B. Pelatihan mendiskripsikan sebuah halaman.

C. Pekerjaan besar untuk orang-orang besar.

(sub-bahasan tambahan yang sedikit “nyleneh).
Membaca lagi bagian akhir paragraf ketiga point A. Inilah pekerjaan besar untuk pelajaran ini, dan saya yakin yang bisa menyelesaikannya adakah yang benar-benar menjadi orang besar.
Meskipun sebuah description meta tag, boleh dibuat sebagai satu atau dua kalimat utuh, atau sebuah paragraf, Tetapi sesuai analisa senior-senior SEO, meta tag ini tetap tidak boleh melebihi 160 karakter. atau asumsi butir 2 point B akan hangus.
pripun ?, kumaha ?, gimana ? how ?, (mode on : kepala muter-muter)

Salam Go w3c valid, Indonesian pages.

Make use of description meta tag

Published on : Oct 11, 2009. Last modified at : Apr 25, 2010.


Click to share on twitter , digg it, or save this article to del.icio.us.

article Navigation

Related to “Make use of description meta tag”.

2 Opinion for “Make use of description meta tag”.

Hi! Sebelumnya banyak terimakasih aku ucapkan kepada anda , artikel anda banyak memberi pelajaran kepada saya sebagai reverensi untuk saya.

Mas Andi…
Terima kasih kembali mas. Saya juga masih belajar. Salam kenal. :)

Leave an Opinion

Important : LOW isn't intended to on topic opinions, just be polite. You may use strict markup only. Opinions failing these requirement will be edited. Spam opinion won't get published.
Please, enter your real name and your valid email address (in required field). Don't worry, i'll kept your email private.










Random Learning