Google Docs will be Crawl & Index

crawled-indexed-google-docsMemiliki sebuah Domain yang telah menggunakan fasilitas Google Apps – Google Email, tidak ada ruginya mulai serius belajar juga dengan Google Apps yang lain yaitu Google Docs. Karena Jumat, 18-09-2009 kemaren, Marie – Employee Google memberikan pernyataan resmi bahwa dalam dua minggu sejak tanggal tersebut, dokumen-dokumen yang di publikasi dengan link pada website publik akan ikut di crawl dan di index juga oleh Google serta Mesin Pencari yang lain.

Dengan catatan, bahwa perubahan yang dilakukan Google ini hanya berlaku untuk dokumen-dokumen pada Google Docs yang di publikasikan menggunakan setting option ‘Publish as web page’ atau ‘Publish/embed’ serta dipublikasikan pada webpage yang bisa di crawled. Tidak termasuk pada dokumen yang hanya di setting pada ‘Allow anyone with the link to view (no sign-in required)’.

Bagi yang tidak terlalu senang dengan perubahan ini dengan alasan kerahasiaan Dokumen, tetap bisa menghilangkan opsi ini dengan langkah sebagai berikut sebagai berikut :
– Cari ‘Share tab’
– Untuk Dokumen dan spreadsheets, pilih ‘Publish as web page’. Untuk Presentasi pilih ‘Publish/embed’
– Lalu klik tombol ‘Stop publishing’

Saat tulisan ini diposting, Pihak Google Apps sedang mempersiapkan Help Center Artikelnya. Mudah-mudahan dengan di index nya dokumen pada Google Docs bisa nambah pengunjung.

Go Ogle.

Google Docs will be Crawl & Index

Published on : Sep 23, 2009. Last modified at : Nov 29, 2009.


Click to share on twitter , digg it, or save this article to del.icio.us.

article Navigation

Related to “Google Docs will be Crawl & Index”.

Leave an Opinion

Important : LOW isn't intended to on topic opinions, just be polite. You may use strict markup only. Opinions failing these requirement will be edited. Spam opinion won't get published.
Please, enter your real name and your valid email address (in required field). Don't worry, i'll kept your email private.










Random Learning