Custom Email dengan Google Apps

Tulisan berikut adalah walktrough pemanfaatan custom email pada domain pribadi menggunakan fasilitas google apps. Beberapa waktu setelah resmi online, admin side22.com mengingatkan rekan-rekan terdekat yang telah mendapatkan kuota gratis 7 GB dengan alamat email dengan imbuhan @side22.com, untuk hati-hati dalam beraktifitas dengan email dan passwordnya.

Kenapa Custom email ini prestise ?

Misalnya seorang Katro Senggotho sudah berani menerima tantangan terjun ke dunia maya untuk mempromosikan usahanya dengan membeli sebuah domain senggotho.com dan membuat kartu nama untuk di sebarluaskan ke kolega dengan isi seperti ini :

cepat, kilat, rapi, hubungi kami secepatnya.
Katro Senggotho
direktur
PT. GALIAN KUBUR JAYA
Telpon : 0808080808080
email : katro@senggotho.com

Bangga khan ?, Tidak ada manusia di bumi ini yang tidak membanggakan dirinya sendiri, manusiawi. kalau memang ada b**ls*-&t, begitu juga Katro Senggoto.

Kenapa memilih Google Apps ?

Google selain dikenal dengan mesin pencarinya juga banyak memberikan fasilitas-fasilitas gratis kepada penggunanya, salah satunya Google Apps. Dengan fasilitas gratis ini, Katro bisa membuat akun email katro@senggotho.com sekaligus menjadi administrator dan berkuasa untuk membuat 50 email yang lain dengan imbuhan @senggotho.com dan memberikan 7 GB storage untuk masing-masing akun email.

Ueidann tenan Google ki !, kata Katro sambil pencet-pencet tombol kalkulator. Menghitung… jumlah ayunan cangkulnya hari ini.

Dengan Google Apps pula, Katro tidak perlu khawatir kuota 25 MB dari hosting yang ia sewa akan habis, hanya untuk menampung email masuk dari pelanggan yang berisi denah lokasi kuburan yang harus digalinya.

Beginilah cara Katro membuat custom emailnya.

Pembuatan Akun Administrator

  1. Ketikkan http://www.google.com/a/ pada address bar peramban, maka anda akan di redirect ke alamat http://www.google.com/apps/intl/en/business/index.html
  2. Perhatikan kolom paling kanan, di bawah kalimat “Other Googles Apps editions : ”, klik kata Standar. Saat tulisan ini dibuat, service ini masih digratiskan oleh Google.
  3. Pada halaman berikutnya klik tombol Get Started
  4. Pada URL http://www.google.com/a/cpanel/domain/new
    • Pilih radio button “administrator : i own or control this domain”
    • Masukkan nama domain, contoh: senggotho.com
    • Kemudian klik Get Started
  5. Kemudian kita akan dibawa ke langkah kedua dari tiga langkah yang ada, yaitu Sign up. Pada langkah sign up ini, isikan Informasi yang paling akurat untuk domain yang telah dipilih dan dimasukkan pada langkah sebelumnya. Cek kembali data data yang telah diisikan sebelum menekan tombol Continue.
  6. Langkah selanjutnya adalah Set up. Pada langkah ketiga ini, Google menuntun kita untuk membuat sebuah akun administrator yang akan digunakan untuk mengelola semua akun email yang kelak akan dibuat.
  7. Langkah ini menjadikan anda punya banyak pilihan :
    • Mau jadi president ?, ketik saja president@senggotho
    • Mau jadi direktur ?, ketik saja direktur@senggotho
    • Tidak harus selalu webmaster@senggotho
  8. Jangan lupa membaca “Google Apps Standard Edition Agreement”, sebelum menekan tombol I accept, Continue with set up
  9. Dan selesai sudah. Selanjutnya kita akan melakukan verifikasi kepemilikan akun administrator.

Verifikasi akun administrator

Apabila dibawah menu “Dashboard” Google Apps, terdapat icon warning kuning, maka baca kalimat setelah icon ini dan klik kata verify domain ownership. Pada bagian ini Google menyediakan dua pilihan verifikasi kepemilikan akun administrator yang telah kita buat ;

  1. Upload sebuah file HTML, mudah dan proses verifikasinya cepat.
  2. Mengubah CNAME record, menurut Google proses ini memakan waktu yang tidak sebentar

Kita akan memilih yang direkomendasikan Google, yaitu mengupload sebuah file HTML ke website kita. berikut langkahnya ;

  1. Buka text editor yang paling anda sukai. Kemudian salin dan tempel sebaris alphanumerik yang ada pada layar Upload an HTML…, kemudian simpan sebagai file googlehostedservice.html dan upload ke public_html domain anda.
  2. Setelah diupload, klik link yang menuju file tadi, contoh: http://senggotho.com/googlehostedservice.html.
  3. Jika kita sudah bisa melihat alphanumerik pada langkah 1 dari domain anda, maka silahkan klik tombol i’ve complete the step above
  4. Verifikasi kepemilikan selesai disini.

Aktivasi Custom email

Custom email anda sebenarnya sudah bisa dipergunakan, tetapi tujuan prestius belum bisa kita dapatkan. Karena Google masih akan menambahkan imbuhan pada akun kita. contoh : direktur@senggotho.com.test-google-a.com. Untuk menyelesaikan proses prestisius ini, ada beberapa hal yang membutuhkan sedikit ketelitian. Double check for every single step, please.

  1. Pada sub judul Service Settings, perhatikan status “Not Active” disebelah kanan icon GMail. Status ini yang akan kita rubah dengan klik pada kata Active email dibawah icon GMail.
  2. Pada halaman Set up email delivery, kita diberikan beberapa pilihan set up sesuai dengan panel hosting yang kita sewa. Dalam tulisan ini, saya menggunakan cPanel. dan berikut adalah kegiatan kita dalam cPanel ;
    • Buka tab baru pada browser, arahkan ke cPanel hosting, contoh: http://senggotho.com/cpanel dan login.
    • Cari blok “Mail” dan klik icon MX Entry.
    • Hapus semua MX Entry yang ada. Apabila MX Entry belum pernah kita sentuh sebelumnya, biasanya terdapat satu record menuju domain kita sendiri dengan prioritas 0
    • Sekarang, isikan pada MX Entry sesuai petunjuk Google sbb :
      ASPMX.L.GOOGLE.COM.      Prioritas 10
      ALT1.ASPMX.L.GOOGLE.COM. Prioritas 20
      ALT2.ASPMX.L.GOOGLE.COM. Prioritas 20
      ASPMX2.GOOGLEMAIL.COM.   Prioritas 30
      ASPMX3.GOOGLEMAIL.COM.   Prioritas 30
      ASPMX4.GOOGLEMAIL.COM.   Prioritas 30
      ASPMX5.GOOGLEMAIL.COM.   Prioritas 30
      

      Untuk prioritas yang sama, pilih salah satu Entry saja. Tidak perlu memasukkan semua Entry dengan prioritas yang sama.

    • Setelah pengisian ini selesai. Silahkan keluar dari cPanel dan kembali pada halaman Google Apps Set up email delivery, kemudian klik tombol I have complete these steps
    • Pekerjaan aktivasi custom email selesai disini.

Jika memperhatikan kembali icon GMail, maka proses update akan dilakukan oleh Google untuk merubah status “Not active” menjadi “Active”. Meskipun Google menyatakan proses ini memakan waktu 48 jam, pada kenyataanya, sebelum 3 menit sudah selesai.

Sekarang Katro Senggotho sudah bisa membuka server email gratisnya dari google melalui http://mail.google.com/a/senggotho.com

Merubah URL Webmail supaya lebih prestise.

URL mana yang biasa anda buka ketika ingin melakukan konfigurasi GMail anda atau ingin membuat akun GMail yang baru ? http://mail.google.com bukan ?.
Sekarang akan kita rubah http://mail.google.com/a/senggotho.com menjadi http://mail.senggotho.com supaya bergaya seperti Google.

Pada halaman Google

  1. Pakah menu “Dashboard” Google Apps masih terbuka pada peramban ? Jika masih, lompati langkah kedua dibawah ini. Kalau sudah anda tutup, buka kembali dengan http://mail.google.com/a/senggotho.com dan login menggunakan akun administrator.
  2. Pada pojok kanan atas, klik Manage This Domain
  3. Kemudian pilih menu General, lalu “Web address”.
  4. Pilih radio box yang kedua (custom), isikan sesuka anda pada form kosong yang disediakan, bebas, terserah anda mau membuatnya, tidak harus mail, kuno, ini alternatifnya ;
    • http://kotakkatokkotakkotak.senggotho.com
    • http://kantorposku.senggotho.com
    • http://kotakkuburan.senggotho.com dan lain sebagainya.
  5. Kemudian klik tombol continue

Pada halaman cPanel

  1. Buka kembali cPanel anda.
  2. Cari dan klik “Sub domain” dan buat sebuah subdomain http://mail.senggotho.com
  3. Kemudian cari dan klik “Redirect”, untuk mengarahkan alamat http://mail.google.com/a/senggotho.com ke alamat http://mail.senggotho.com
  4. Selesai

Custom Email dengan Google Apps Selesai disini, Tidak !

Untuk yang tidak suka membaca cepat, terima kasih. Anda layak mendapatkan informasi berikut :

  1. Google lebih menghargai rekan-rekan yang mau berkreasi dengan mengganti logo custom email pada Google Apps
  2. Saya memutuskan untuk memasang banner Google Apps pada slot banner pada sidebar, karena kalimat ini :

    Is your website displaying a Google Apps Admin badge ? We’d love to highlight websites/admins displaying a badge. Please let us know by submitting this form.

Siapa tahu dengan diluncurkannya Google Caffeine, kalimat tersebut bisa berubah menjadi sebuah janji baru dari Google setelah mulai mempertimbangkan ulang kebijakan PageRank.

Custom Email dengan Google Apps

Published on : Nov 29, 2009. Last modified at : Sep 25, 2010.


Click to share on twitter , digg it, or save this article to del.icio.us.

article Navigation

Related to “Custom Email dengan Google Apps”.

3 Opinion for “Custom Email dengan Google Apps”.

thanx infonya

mas Nizar…
Terima kasih juga mas, berkenan mampir.

mas, klo domain nya udah kepake ni
trus kita mw contact admin nya biar bisa nebeng gitu
cara nemuin nya gimana mas?

Leave an Opinion

Important : LOW isn't intended to on topic opinions, just be polite. You may use strict markup only. Opinions failing these requirement will be edited. Spam opinion won't get published.
Please, enter your real name and your valid email address (in required field). Don't worry, i'll kept your email private.










Random Learning