5 Cara Meraih Traffic Tinggi

cara-menaikkan-traffic-webSuksesnya kebanyakan website ditopang oleh lalu lintas atau traffic yang tinggi pada jumlah, intensitas dan kualitas kunjungan. Dan dari sekian jenis bentuk kunjungan, sepertinya returning visitor atau kunjungan ulang adalah yang paling berpengaruh. Besarnya traffic pada returning visitor inilah yang kemudian sering dimaksimalkan manfaatnya oleh pemilik website-website sukses.

Menurut beberapa pakar dan master marketing, returning visitor lebih mudah untuk diubah dari sekedar pengunjung kemudian menjadi simpatisan dan pelanggan yang membayar. Bagaimana caranya ? Semakin sering mereka kembali ke sebuah situs, semakin besar pula kepercayaan yang mereka miliki di situs tersebut.

Masalah kredibilitas akan segera sirna seiring tingginya tingkat sebuah kepercayaan. Oleh karena itu, berikut adalah metode yang sering digunakan untuk menjaga agar pengunjung mau datang kembali ke situs yang kita miliki.

  1. Comment Traffic

    Mulailah mendapatkan traffic dari sebuah ruang komentar, chatroom atau shoutbox, dan kalau perlu sediakan forum. Setiap manusia yang mempunyai rasa dan karsa termasuk didalamnya keinginan menyuarakan pendapat, harus difasilitasi. Undang Undang Dasar 1945 saja memasukkan point ini dalam salah satu pasalnya.

    Membuat sebuah forum, chatroom atau shoutbox untuk ruang berinteraksi antar pengunjung adalah salah satunya. Fasilitas ini mungkin juga akan bermanfaat bagi pemilik website sendiri. Beberapa interaksi antar pengunjung mungkin akan melahirkan sebuah ide baru dan melahirkan sebuah inovasi baru bagi pemilik website.Dari sinilah website-website besar dengan profit besar tercipta. Bisa tidak ya ? minimal menirunya.

  2. Mulailah dari Trafik sebuah Weblog (blog)

    Membuat sebuah jurnal online, atau lebih dikenal sebagai sebuah blog, di sebuah situs serta tetap melakukan update dengan berita terbaru adalah hal sangat bermanfaaat. Manusia adalah makhluk cipataan Tuhan yang paling aneh, beberapa diantaranya sanggup berdiam diri memelototi monitor atau layar televisi untuk melihat perkembangan hidup orang lain, artis pujaan misalnya.

    Dari pembelajaran inilah, kita harus mulai membuat posting dengan berita segar secara berkala. Kredibilitas sesorang ditentukan dari sini pula. Pembuktian diri pada pengunjung bahwa dibalik sebuah website ada seorang manusia dikehidupan nyata adalah penting.

  3. Traffic dari Survei dan Jajak pendapat

    Jajak pendapat dan survei adalah bentuk lain dari interaksi yang harus dipertimbangkan untuk ditambahkan ke dalam sebuah website.

    Lahirnya beberapa affiliasi survei online membuktikan bahwa polling dan jajak pendapat ini penting. Beberapa situs besar seperti Google sendiri dalam setiap tutorialnya selalu menyertakan sebuah pertanyaan simple,"Apakah penjelasan diatas sudah membantu anda ?".

    Beberapa diantaranya menyediakan cara cepat bagi pengunjung untuk menyuarakan pendapat mereka dan diajak terlibat langsung dalam situs web, setelah itu, mempublikasikan jajak pendapat atau survei tersebut sesuai dengan relevansi dan target pasar website.

    Hal inilah yang membuat beberapa pengunjung akan kembali untuk melihat dan mengetahui hasilnya. Mari kita belajar memahami traffic sms para provider cellular yang didapat dari polling sms pada beberapa acara reality show yang sukses.

  4. Menyediakan Teka-teki, Kuis dan Permainan

    Membayangkan banyaknya pekerja kantor mau melaksanakan kewajiban setiap harinya di tempat kerja untuk sebuah tujuan (baca: take home pay), bisa dijadikan bahan pemikiran dan ide sebuah website. Bagaimana ? Omong kosong, disebuah kota besar, seseorang mau melakukan sesuatu tanpa sebuah imbalan (ya ? atau tidak ?).

    Disinilah letak ide itu. Jika ide tersebut dapat direalisasikan dalam sebuah wujud teka-teki berhadiah, Kuis berhadiah dan permainan yang memberikan imbalan bagi pengunjung yang memenuhi kriteria, dapat dipastikan bahwa website kita telah mempunyai banyak pekerja keras didalamnya.

  5. Update secara berkala dengan konten segar

    Melakukan update sebuah website, weblog secara berkala dengan konten segar artinya setiap kali pengunjung datang kembali, mereka akan memiliki sesuatu untuk dibaca. Minat baca pencari informasi inilah yang kemudian akan menjadi sumber traffic.

    Hal ini sebenarnya adalah metode yang paling banyak dikenal dan metode paling efektif untuk menarik pengunjung untuk datang kembali, sayangnya hal ini juga yang paling sering tidak dilakukan karena kemalasan dari webmaster. Ingat, tidak seorang pun akan berkeinginan menelusuri situs yang kelihatan sama lebih dari sepuluh tahun.

    Jadi ?

5 Cara Meraih Traffic Tinggi

Published on : Nov 23, 2009. Last modified at : May 01, 2010.


Click to share on twitter , digg it, or save this article to del.icio.us.

article Navigation

Related to “5 Cara Meraih Traffic Tinggi”.

13 Opinion for “5 Cara Meraih Traffic Tinggi”.

Angka retuning visitor saya cukup kecil hanya 20-30%. Kecil ya?

Yang bagus berapa ya Mas angka untuk returning visitornya. Itu berarti, SEOnya lumayan manjur kan, 70-80% adalah new visitor…

Maaf telat nulis responnya mbak,..
Saya sendiri belum berani memberi pendapat untuk urusan traffic secara spesifik, terlebih pada returning visitor. Karena side22-dot-com juga belum ada apa-apanya dibanding isnuansa-dot-com.
Average visit sebesar 13.26/day di bulan november pada side22 masih jauh untuk meraih sebuah kata “kurang”. Oleh karena itu masih terus berusaha belajar SEO, karena materi ini memang yang sebenarnya (master-master bilang begitu) memang paling murah untuk di kerjakan.
Lagipula tujuan side22 sejak semula sebenarnya memang tidak untuk di monetize mbak, jadi “alon-alon waton kelakon” saja.

Sukses untuk isnuansa-dot.com

tip’s yang bermanfaat, sepertinya cocok dipraktekin buat blog aq dh.. :)
terima kasih.

Silahkan, terima kasih juga atas kunjungannya. :)

semua orang sibuk dengan SEO….
tapi apakah benar berguna untuk meraih penjualan maksimal ya???

Tidak ada yang sibuk lagi dengan SEO koq mbak, mas, mbakyu, mbah.
Blog ini juga tidak fokus pada sisi marketing. Tetapi kalau mencoba untuk Standarisasi, Optimasi tema pada blog dengan core WordPress, baru bener disini belajar bareng-bareng dengan saya.

Terima kasih,… tapi maaf ya, url-nya dipangkas sedikit,… :(

saya terkesan dari tulisannya yang dibuat dengan sungguh-sungguh. karena kelemahan saya malah membuat artikel yang asal sehingga pengunjungnya asal-asalan juga.

salam kenal admin, semoga kunjungan awal ini menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk kedepannya. :) keep bloging.

Mas Anawia,…
Kalau tidak dibuat dengan sungguh-sungguh, tulisan pembelajaran pribadi saya ini tidak tercetak dilayar dan terbaca oleh Mas Putra dong. :lol:
Salam kenal juga,… keep writing juga. :)

thanks… bro informasinya
lam kenal….

mantap gan.. terimakaqsih ya…

Sips, mantap gan infonya.. Slm sukses

DeRie…
Terima kasih juga ya.

SEO…
Salam sukses juga. Blog ini sekedar opini, tidak ada info penting didalamnya. :)

Leave an Opinion

Important : LOW isn't intended to on topic opinions, just be polite. You may use strict markup only. Opinions failing these requirement will be edited. Spam opinion won't get published.
Please, enter your real name and your valid email address (in required field). Don't worry, i'll kept your email private.










Random Learning